Mengatasi Perasaan Cemburu Pasangan Anda

Hubungan yang indah dan harmonis dalam suatu keluarga atau mungkin dalam suatu hubungan persahabatan, partner kerja bahkan dengan kekasih pun bisa sirna gara-gara bibit cemburu. Bahkan mungkin sahabat Anda atau kekasih Anda menjelek-jelekan diri Anda dihadapan orang lain.

Cemburu dapat diartikan berpindahnya rasa kasih sayang ke orang lain atau ke suatu benda yang membuat Anda merasa dinomor-duakan bahkan mungkin dianggap tak ada. Jika ada orang yang belum pernah merasakan cemburu berarti ia belum pernah merasakan arti kata ‘cinta’. Ia belum pernah merasakan cinta karena ia belum pernah memperhatikan orang lain.

Alasan pasangan Anda cemburu, mungkin saja karena pengalaman masa lalu. Dimana ia kurang diperhatikan atau bahkan ditinggalkan orang-tuanya. Dan bisa juga karena ia pernah ditipu oleh mantan kekasih atau sahabat dekatnya.

Ciri-ciri orang yang cemburu, ia akan bersifat possesif, menanyakan segala hal dengan sedetail mungkin, mengkomentari banyak hal terutama hal-hal fisik dan juga kemampuan intelektual.

Jika Anda mengalami hal tersebut, tak perlu panik, berikut beberapa cara jitu menghadapi pasangan yang lagi cemburu:

1. Jangan mengkomentari setiap kekhawatirannya dengan emosi tapi Anda harus tetap tenang.

2. Berikan waktu yang lebih untuk pasangan Anda supaya ia bisa tenang pula dan dapat berpikiran secara logis.

3. Berikan jaminan kepada pasangan Anda bahwa Anda berkomitmen sungguh-sungguh.

Jika diperhatikan lebih dalam lagi maka dibelakang rasa cemburu adalah rasa takut. Coba identifikasikan rasa ketakutan pasangan Anda. Apa sebabnya kemudian diskusikan dengan pasangan Anda. Setelah di diskusikan maka akan ada dua kemungkinan kondisi yang terjadi:

1. Pasangan Anda atau Anda sendiri menyadari bahwa apa yang sedang terjadi dapat membawa dampak buruk dan berkeinginan untuk mengubahnya.

2. Salah satu dari pasangan telah menyadari namun ada 1 pihak yang tidak ingin mengubahnya. Maka Anda harus mendiskusikan bagaimana hubungan Anda selanjutnya.

Untuk menjalin hubungan sukses Anda dan pasangan harus bisa menyisihkan waktu untuk saling berbicara, mendengarkan perasaan pasangan Anda dan mengekspresikan keinginan masing-masing tanpa rasa takut.

2 thoughts on “Mengatasi Perasaan Cemburu Pasangan Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s