Selamat Ulang Tahun Desi Diarnitha, SweeTwenty

Hari yang indah!

Hari ini genap aku berusia 20 tahun.
20, angka yang cantik sekali.
Aku tak tahu apa arti dari angka 20 ini, aku tak tahu apa yang harus aku lakukan dengan angka ini. Seorang teman memberitahu kepadaku bahwa aku harus mensyukuri angka itu, ya dia benar, hal yang aku harus lakukan sekarang adalah bersyukur.

Hari ini aku tak meminta apapun, aku tak meminta untuk dipanjangkan umurku, aku tak meminta untuk diselalusehatkan, atau ditambahkan segala macamnya.
Aku hanya berharap aku menjadi seorang perempuan yang berbudi pekerti baik, orang lain mengenalku sebagai perempuan yang baik, agar mama di sana bahagia telah melahirkanku.

Aku banyak berpikir,
Berpikir,
Berpikir,

Apa yang telah aku lakukan selama hidupku ini?
Apa yang membuat aku bertahan ada di sini?

Berapa banyak orang yang telah mengenalku?
Berapa banyak orang yang sudah tertawa dengan canda-tawaku?
Berapa banyak orang yang telah aku buat sakit hati?

Berapa banyak orang yang telah aku buat jatuh cinta?

Semuanya…

Aku tak pernah tahu jawabannya, tetapi aku ingin mencoba menghapuskan keluh-kesah mereka tentangku.

Mama, aku merayakan hari ini tanpa dirimu. Hari ini dan tahun-tahun berikutnya.
Aku meneteskan air mata lagi. Aku ingat apa yang kau ucapkan tahun lalu.
Aku ingat semua yang terjadi tahun lalu dengan sangat.

Semua sangat berbeda di tahun ini.
Dulu, sebelum tiba hari ini pasti aku akan mengira-ngira siapa yang akan memberiku ucapan ulang tahun, siapa yang akan memberiku hadiah ulang tahun, apa yang akan diberikan dia-para orang spesial dalam hidupku-di hari yang indah ini.

Kini aku tidak mengharapkan apa-apa, aku tidak berharap ada yang memberiku ucapan atau hadiah apa-apa.
Bahkan kemarin aku hampir lupa bahwa hari ini adalah ulang tahunku.
Ntah mengapa ini bisa terjadi.

Aku rindu suasana tahun lalu.
Tapi aku hanya manusia biasa yang penuh dengan kekurangan.
Aku tak pernah tahu bahwa tahun ini begitu berkebalikan dengan tahun kemarin.
Semua berubah total, tanpa aku bisa berkata apa-apa.

Aku kembali menangis.
Aku berusaha menghela air mataku, sendiri, sendiri, dan hampir tiap kali aku menangis aku berusaha untuk menghelanya sendiri, sendiri.

Kini diriku yang selalu mencoba tegar, semua terasa begitu menyiksa diriku, kadang aku merasa hidupku begitu hampa, aku tak tahu lagi apa yang aku cari.

Aku hanya percaya bahwa hujan lain akan turun, hujan lain yang lebih deras, hujan yang seketika turun akan membiarkanku untuk melihat sebuah pelangi yang begitu indah, begitu penuh warna.

Ya, hujan itu sudah datang.

12 thoughts on “Selamat Ulang Tahun Desi Diarnitha, SweeTwenty

  1. Pingback: GooFy TesT MommY « ..:: CanDa & TaWa kAMi ::..

Leave a Reply

