Hidupku Tak Seindah Hidupmu

Hari ini, Kamis, 18 Maret 2010, jam menunjukkan pukul 13.43.

Banyak dari mereka yang mengatakan bahwa aku ini ‘orang berada’, ‘orang kaya’, atau sebagainya. Mungkin karena parasku yang sekiranya pantas dibilang cantik, pakaian yang aku kenakan juga tidak terlalu buruk, atau mungkin karena semua yang mereka lihat dari sisi luarku, yah sekadar sisi yang hanya mereka lihat dengan kasad mata.

Tetapi apa benar hal itu?
Tidak, sama sekali tidak. Ternyata mereka yang bicara, tidak pernah mengenalku, tidak pernah. Dan aku? Aku tidak akan memperkenalkan diriku tanpa diminta oleh mereka.

Aku hanya wanita dengan nasib yang tidak terlalu baik. Orang tuaku bukan orang yang bergelimangan harta, bukan juga orang yang berkecukupan, tetapi aku hanya mengenal mereka sebagai orang tua yang tulus membesarkan kedua anak mereka.

Rumahku hanya beratapkan asbes tanpa ada plafon kayu yang membatasi, yah kata adik kelasku yang pernah berkunjung ke rumahku, hal itu bisa menyebabkan penyakit asbesius (kalau aku tak salah dengar, ia mengatakannya seperti itu). Tetapi, mau gimana lagi, ayahku pun tidak berdaya apa-apa melawan kehidupan ini. Ia bekerja semata-mata hanya untuk membayar kredit motornya dan member sesuap nasi kepada adikku, sementara aku tidak lagi menjadi tanggungan keluarganya.

Kalian tahu? Untuk membeli kipas angin saja rasanya ayahku tidak mampu, yah tidak mampu. Dan setiap kali aku tertidur hingga siang hari, aku terbangun karena dahiku mulai terbakar karena radiasi matahari yang ketika menyentuh asbesku berubah menjadi konduksi kemudian kembali beradiasi mendarat di dahiku.

Hampir setiap hari aku merasa tidak nyaman berada di rumahku sendiri. Sebagian orang mengatakan, home sweet home, rumahku istanaku, rumahku adalah surgaku, sementara aku? Aku merasa bagai berada di neraka ketika ada di dalam rumah.

Kini aku hanya bisa bersabar, bersabar untuk keluar dari nasibku yang malang ini. Aku juga harus selalu bersabar dengan keadaanku ini. Niscaya kesabaranku takkan sia-sia.

Leave a Reply

