Setiap Orang Pasti Tahu Bagaimana Membuat Dirinya Bahagia

Kamu pernah memperhatikan setiap manusia yang kamu temui sepanjang jalan yang kamu lewati?
Aku pernah.
Kebetulan aku lebih terfokus kepada mereka-mereka yang beraut wajah kusam.
Hanya satu pertanyaan yang kerap mendatangi benakku, bagaimana cara mereka menghadapi hidup ini? Hidup yang keras ini.
Mereka yang notabene hanya seorang pedagang asongan, tukang somay keliling, tukang tambal ban, apa yang mereka dapat hanya dengan berdagang itu semua? Apa yang mereka lakukan hingga hidup yang keras ini dapat ia taklukan, aku tak tahu, tak tahu jawabannya..

Satu yang ku tahu pasti…

“Setiap orang pasti tahu bagaimana membuat dirinya bahagia. “

Begitu juga dengan aku, aku punya cara sendiri untuk membuat diriku bahagia. Aku menulis artikel ini bukan karena aku ingin mencurahkan semua rasa yang ada dalam hati dan pikiranku, berharap kalian iba padaku atau mengasihiku, bahkan memberikan perhatian lebih kepadaku, bukan itu! Aku hanya ingin berbagi pengalamanku agar kalian para pembaca dapat belajar, belajar dari kisahku.
Kalian tahu bagaiman rasanya kehilangan? Kenapa rasa kehilangan itu sangat menyakitkan? Aku pun tak tahu jawabannya. Inilah yang aku rasakan sekarang dan selamanya. Semenjak kejadian itu terjadi bertubi-tubi, hidupku serasa hampa, hilang arah, dan tak ada gairah.
Orang yang melahirkanku, mengajarkan bagaimana memberikan kasih yang tulus kepada orang-orang di sekitarnya, tapi pergi tanpa mengucap apa-apa kepadaku. Betapa menyakitkan mengingatnya. Sementara aku di sini, tak berubah. Semakin larut dalam kehampaan, kehancuran, kebodohan yang memaksa membalut mereka dengan kebahagiaan.
Aku tetap mensyukuri ini semua, karena aku tetap seorang makhluk yang lemah.

Leave a Reply

