Si Eksis Facebooker

Artikel ini saya buat semata-mata hanya untuk menuangkan inspirasi yang tiba-tiba muncul di detik penghujung ngabuburit.

Setu Babakan, 30 Agustus 2010

Selama saya menjadi salah satu aktivis Facebook (baca: phesbuk), banyak hal yang saya dapat pelajari dari sana, mulai dari hal-hal berbau cinta, kebencian, keputusasaan, kekonyolan, ke-lebay-an, sampai dengan hal-hal mengenai ke-tidak-jelas-an.

Banyak bukan?

Hal yang satu ini menarik minat saya untuk saya tuliskan menjadi suatu artikel yang sepertinya tidak punya bobot, nilai pelajaran, atau bahkan kebaikan untuk dibaca, jadi baca, nikmati, dan berkomentarlah, tapi maaf saya tidak menerima kritik Anda.

*****

Siapa Saja yang Selama Ini Berhasil Eksis di Dunia Perphesbukan?

Ini beberapa hasil pengamatan saya selama saya aktif di dunia ini. Ya, sedikit banyak mungkin tidak jelas, tapi saya akan coba memaparkan sedetil mungkin berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan.

1. Cowok/Cewek yang Keren (pastinya).
Ya inilah dunia, penampilan luar adalah segalanya, masalah busuk atau baik bak dewa/dewi itu masalah nomor sekian belas. Yang penting bungkusnya dulu, boy!

Sebenarnya saya sangat menyayangkan hal ini selalu saja menempati posisi pertama jika kita berbicara eksistensi, tapi saya juga tidak bisa memungkiri adanya hal ini.

Contoh:
Ada 3 orang mahasiswi sebut saja Mawar, Melati, dan Sepatu (nama yang ke-3 sepertinya gak banget). Mereka sedang berada di kediaman (baca: kos-kosan) Si Mawar.
Sepatu : “Eh, lo pada kenal gak sama anak yang namanya Romy Krobuzer?”
Mawar : “Siapa itu? Anak STAN juga?”
Sepatu : “Iya, masa lo gak tau sih??? (dengan nada yang sok tahu dan sok penting) Dia anak Akuntansi.”
Melati : “Emangnya cakep ya dia?” (mulai tertarik dengan promo Si Sepatu)
Sepatu : “Iya tau, coba deh lo liat Phesbuknya, search aja Romy Krobuzer.”
Mawar : “Coba Mel, cari Mel pake akun gw.” (ternyata Mawar yang paling curious)
Sepatu : “Tuh kan ganteng kan?”
Mawar : “Iya, ya, gw add ah…”
Melati : “Perasaan biasa aja ah, gantengan cowok gw kemana-mana.”
Mawar dan Sepatu : (krik…krik…krik…)

Dan beberapa hari kemudian Mawar melihat Romy Krobuzer sudah memiliki 200 mutual friend dengannya. Damn!

2. Cowok/Cewek yang Suka Bikin Status ‘Mengganggu Mata’.
Mengganggu mata dengan tanda kutip artinya apa ya???
Saya tidak bisa menjelaskan artinya tapi sepertinya saya bisa memberikan contoh status seperti apa yang termasuk dalam kategori ‘menarik mata’.

1) Status yang Kerap Diperbaharui Kurang dari 2 jam Sekali
Oh God, stop her please!
Atau jika Tuhan tidak dapat menghentikannya, saya sendiri yang akan menghentikannya Hide Her Update atau Remove Friend atau bisa ditambah dengan Report This Person. Masalah selesai!

Lumayan banyak teman yang seperti ini, tapi mau bagaimana lagi mungkin ia kesepian sehingga tidak ada teman bicara/teman curhat jadi ia terpaksa curhat ke semua orang yang menjadi teman Phesbuk-nya tanpa terkecuali. Dan teman Phesbuk-nya dengan berat hati harus membaca cuarahan hatinya itu. Itulah mengapa teman itu ada…

Contoh:
Lady Gagal ::: “Fine, It’s enough!” [4 menit yang lalu]

Lady Gagal ::: “Ouch….!!” [15 menit yang lalu]

Lady Gagal ::: “Damn u!” [20 menit yang lalu]

Saya yakin moto hidupnya dalah “Hidup tidak lengkap tanpa update status.”

2) Status yang Mencak-mencak (kalau dalam bahasa Jawa misuh-misuh).
Salah satu yang pernah membuat status seperti ini adalah saya, dan perlu digarisbawahi pernah bukan sering, oke?

Contoh:
Justin Tembelek ::: “Life’s so s*ck!”
[2 Komentar] [7 People Like]

Kristian Bautinja ::: “Anj*ng!!!!!”
[12 Komentar] [Like]

Brad Kejepitt ::: “F*ck”
[Komentar] [Like]

Kadang status seperti ini justru banyak yang me-like. Aneh, aku pun suka ikut-ikutan me-like. HHaa, ternyata aku salah satu orang aneh…

NB: Maaf ada sensor, demi keprofesionalan penulisan.

3) Status yang Sangat Lebay
Kalau yang ini biasanya digandrungi oleh para ABG-ABG, tapi banyak juga sih yang seumuran kita juga masih sering begini.

Meningiris ::: “Tuhan, jika dia adalah jodohu dekatkanlah ia padaku, jika bukan jauhkan lah dia perlahan…” (Mengutip kata seorang teman ‘Sejak kapan Tuhan punya Phesbuk????’)

Gerimis ::: “Pengen selalu mencium nafasnya.” (sumpah status teraneh yang pernah gw baca!)

Miris ::: “Eh dasar lo cowok usil! Sini lo kalo berani! Gw belajar karate buan Cuma buat bela diri tapi bisa juga buat nonjok lo!” (Oh God, galak banget ni anak SMA.)

Untung saya gak pernah buat yang kayak gini….. God save me!

4) Status yang Diperbaharui dengan Nama Aneh.
Kadang saya kerap bingung, ‘Ini siapa sih kok namanya aneh banget, kok kayaknya gw gak kenal’ Alhasil kita penasaran dan pengen tahu dia siapa. Kalau mutual friends-nya kurang dari 10 remove sajalah, hhaa… Just kidding saya gak mungkin semena-mena sekali seperti ini xp.

Contoh:
Dina Sayang Lolo ::: “Hari ini aku ingin lihat ondel-ondel.”

Zika Si Ratu Ingus ::: “Ah parah nih kantor resek baget!”

Desinya ‘Pattinson’ ::: “Vampir elekkkk….”

Cuma Aku yang Tidak Tahu ::: “Sahur On The Road”

Ahahaaaaa, fakta yang saya dapat dari pemantauan phesbuk si itu-tuuu, banyak banget orang Padang yang kayak gini. ahhhaaaahaaaa..

5) Status yang Menuh-menuhin Tempat.
Malas kali kalau baca yang satu ini, statusnya sudah mirip Warta Berita, bak Novel Ayat-ayat Cinta, atau mungkin kayak UU KUP kali ya…

Contoh:
Mangkubumi dan Langit ::: “Yang peringkat satu UAN se-Indonesia saja bisa ditelepon sama Pak Presiden sementara saya dulu peringkat satu Sejepara tidak ditelpon oleh Bupat Jepara. Dan Sang Pemilik Nilai UAN tertinggi hanya bla… bla… bla… bla… bla… bla… bla…”
Lihat Selengkapnya…
Lihat Selengkapnya…
Lihat Selengkapnya…
Lihat Selengkapnya…

atau dengan SENGAJA menekan keyboard:
Mandi kembang ::: Loveeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee youuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu bebbbbbbbb…..

ZZzzzz… orang yang gak punya kerjaan…

3. Cowok/cewek yang Rutin Kirimi Kita Pesan Phesbuk.
Kalau yang ini cukup berbeda, dia yang semula tidak pernah kita kenal lalu mengirimi kita pesan Phesbuk yang berisi sesuatu hal yang seharusnya kita tahu, justru menarik minat kita untuk mencari tahu siapa dia.

Contoh:
Cinta dan Luka sedang ngobrol-ngobrol kecil. Si Luka sedang asik ber-Phesbuk-an ria di hapenya. Iseng-iseng Si Luka bertanya kepada Si Cinta.
Luka : “Cin, lo kenal gak sama Ahmadinejat?”
Cinta : “Kenal, anak kelas X kan? Dia sering kirimin gw message Phesbuk, tapi gw gak pernah baca.”
Luka : “Iya, gw juga dikirimin dia message. (bedanya kalau gw masih sempet baca message-nya, hhe) Dia kok hebat ya kalo kirimi penerima pesannya sama semua?”
Cinta : “Emang ya?.” (#garuk-garuk kepala)

Alhasil semua orang yang dikiriminya pesan pasti mengenalnya.

4. Cowok/cewek yang Suka Banget SKSD dengan Lawan Jenisnya
Hadeeehhh, kalau yang ini kita gak boleh berpikir negatif dulu, kita berusaha mengerti maksud baiknya, mungin ia ingin berteman baik kepada para pria-pria/wanita-wanita di luar sana.

Teman Phesbuk-nya pun akan membludak, siapa pun akan di-add kemudian setelah di-confirm, ia akan mengirinya wall:
“Makasih udah dikonfirm. Salam kenal. ”

Wall-nya pun akan penuh dengan wall-wall para lawan jenis dan tidak luput dari recent activitya yang berisi nama-nama lawan jenis yang baru saja ia komentari statusnya/fotonya/atau bahkan pesan dindingnya.

Seseorang yang seperti ini justru mengganggu sesama jenisnya karena sesama jenisnya akan merasa ada seorang makhluk yang patut diwaspadai karena telah menguasai dunia yang seharusnya menjadi miliknya. (gak nyambung banget)

Itulah beberapa golongan orang yang menurut pandangan saya telah berhasil menghidupkan dirinya di dunia perphesbukan ini.

Artikel ini hanya fiktif belaka, apabila ada kesamaan kisah, nama tokoh, atau tempat peristiwa, maka semua itu semata-mata hanya kebetulan saja.

2 thoughts on “Si Eksis Facebooker

Leave a Reply

