Arti Hidup Lebih dari Itu

Terbiasa hidup untuk diri sendiri, terbiasa untuk menatap kesendirian sebagai suatu bagian dari diri. Semuanya bagai membisu karena aku terlalu biasa dengan sepi, hening, ketidakberdayaan seorang makhluk tanpa adanya teman bicara.

Aku ingat seseorang menganggap bahwa hal yang aku miliki adalah suatu keunikan. Ia sedikit terkejut dengan kepribadianku sebagai wanita yang begitu terbiasa kesepian.

Aku menolak semua yang datang untuk menawarkan obat pengobat sepiku. Aku menolak semua yang datang untuk menjadi teman bicaraku. Aku menolak untuk keluar dari keheningan ini.

Aku diberikan hidup hanya satu kesempatan. Aku ingin menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya.
Bagiku kini hidup bukan sekedar memiliki banyak teman di sana-sini, bukan sekadar tiap hari memiliki acara dengan semua kerabat, bukan sekadar bertukar pikiran tentang suatu hal. Arti hidup jauh lebih dari itu.

Aku tidak pernah menyukai kesepian, keheningan. Aku tidak pernah menyukai itu. Aku hanya mencoba untuk terbiasa untuk tidak berharap terhadap apa pun juga. Aku akan menjadi diriku sendiri.

Kasih sayang, aku jauh akan itu. Orang-orang yang mengasihiku hanya bisa memberikannya saat mereka sudah lupa untuk mengurus kesenangannya sendiri. Tapi kapan manusia lupa untuk mengurus kesenangannya sendiri.. tidak pernah.

Aku berusaha untuk hidup menjadi sosok yang tidak pernah mengeluhkan kesakitanku kepada orang lain. Karena hal itu hanya percuma, takkan berguna.

Ku berjuang dalam hidupku untuk berusaha bahagia dalam duniaku ini. Aku hanya ingin Tuhan memberikan kebahagiaan kepada mereka yang pernah mencoba untuk menyayangiku. Aku ingin mereka tidak pernah merasakan sepi, sendiri. Inilah arti hidup untukku.

2 thoughts on “Arti Hidup Lebih dari Itu

Leave a Reply

