Ibu – Kota

Langit sepertinya memancarkan warna yang serupa, serupa saat pukul 5 sore kemarin. Kepadatan jalan dengan berbagai rupa kendaraan tidak lupa untuk turut menyertai indahnya sore itu, yah aku tetap disuguhi dengan hidangan asap serta suara bising yang kerap menghapus rasa sepi hatiku sore itu.

Menapaki trotoar, menuju tempat pemberhentian angkutan umum tua yang selalu saja menjadi teman idaman di kala kita dituntut untuk kembali ke suatu tempat yang penuh kehangatan. Rumah yang mestinya penuh dengan kehangatan.

Kini aku tidak akan lagi sendirian, aku sudah berbadan dua, Si Jabang Bayi akan selalu menemaniku pergi ke mana pun selama 9 bulan ini.

Aku merasakan betapa tidak mudahnya memiliki Si Jabang Bayi ini, menunggu selama 4 bulan itu rasanya seperti 2 tahun. Mulut manusia mulai banyak yang mencibir, tiada luput sanak saudara yang kerap mengemisi hartaku juga tidak lupa ikut mencibir.

Tuhan banyak memberikan petunjuk agar kita tidak saling menyakiti satu sama lain, tapi sepertinya banyak orang yang tidak mempedulikannya. Apalah artinya toh mereka juga hanya ‘bercanda’.

Aku bosan berbicara dengan mereka, yang hanya bisa mengkritik, mereka lupa bahwa kritik tidak cukup, kamu juga perlu menyumbangkan saran membangun bukan hanya kritik merendahkan orang!

Ah sudahlah, sepanjang jalan aku sudah cukup menghisap asap. Aku bosan mengurusi isapan jempol mereka.

Tuhan, aku tidak peduli bagaimana orang akan memperlakukanku, sakit apa yang aku rasakan, aku hanya ingin anakku kelak memiliki nasib yang jauh sangat jauh lebih baik dari aku, ibunya. Aku ingin bisa selalu ada di sampingnya sampai ia nanti menikah punya anak. Karena aku tahu, betapa berat rasanya mengandung tanpa memiliki seorang ibu.

Leave a Reply

